Navigation Menu+

Alih Kelola SMA/SMK, Jabar Akan Terapkan Baca Al-Quran Sebelum Belajar.

Posted on Feb 29, 2016 by in Berita | 13 comments

Aher-2

KOTA BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus berkomitmen menggelorakan gerakan membaca dan menghafal Al-Quran untuk anak-anak sekolah. Untuk itu, pada Januari 2017 mendatang yang bertepatan dengan momentum alih kelola SMA/SMK oleh Pemerintah Provinsi, Pemprov Jawa Barat akan membuat aturan baru untuk mendukung gerakan membaca dan menghafal Al-Quran di lingkungan sekolah.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) pada acara penyerahan Wakaf Quran dan Launching Liqo Tahfidz Quran se-Kota Bandung di Sekolah Bintang Madani, Jl. Terusan Pesantren No. 102 Arcamanik, Kota Bandung pada Minggu (28/2/16).

“Mudah-mudahan kita bisa terus menggebyarkan gerakan baca Al-Quran ini. Apalagi hafalan Al-Quran ini dan saya ingin terus menggebyarkan gerakan ini di seluruh kabupaten dan kota,” kata Aher dalam sambutannya.

“Tapi paling tidak, Insya Allah pada Januari 2017 Pemerintah Provinsi dapat amanah baru yaitu mengelola SMA/SMK se-Jawa Barat dan kita dapat limpahan muridnya hingga 2,1 juta jiwa. Insya  Allah sebagaimana program sebelumnya kita akan menggebyarkan program baca dan hafal Al-Quran. Kita akan buat aturan baru, aturannya sederhana yaitu setengah jam menjelang jam pertama (belajar) dilaksanakan, murid-murid sudah ada di kelas. Kemudian disitu lewat media audio visual dikendalikan dari central di Kota Bandung dan akan ada juga bimbingan membaca sekaligus menghafal Al-Quran,” papar Aher.

Untuk melengkapi wawasan para murid mengenai ayat Al-Quran yang dibacanya itu akan dilaksanakan pula pembekalan dalam bentuk ceramah. Diharapkan dengan pembekalan tersebut, para siswa/i akan mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai makna yang terkandung dalam Al-Quran.

“Pada dasarnya kita sebagai warga negara membutuhkan dua hal saja. Hal yang pertama adalah komitmen masyarakat kita, termasuk para pelajar kita dengan aqidah agamanya, dalam konteks Aqidah Islam yang sangat kuat. Dan yang kedua, dengan aqidah tersebut agama dipahami dengan baik dan benar, agama yang moderat, pemahaman yang jelas. Insha Allah kalau pemahamannya jelas, lengkap, dan utuh akan jauh dari sikap radikalisme, apalagi terorisme,” jelas Aher.

Penyerahan Waqaf  Quran ini diberikan kepada beberapa kecamatan yang ada di kota Bandung, sekaligus launching Liqo (kumpulan pengajian) Tahfidz Quran di beberapa kecamatan penerima waqaf. Turut hadir pada acara ini Ketua Sigma Foundation, para pimpinan di Sekolah Bintang Madani, perwakilan MUI, Muspika Kecamatan Arcamanik, serta para tamu undangan lainnya

HUMAS  PEMPROV  JABAR

13 Comments

  1. Alhamdulillah ,,,klo bisa duha nya seklian 2rakaat pun jd biar indonesia makin jaya dan murah rizky,,, klo rakyat bnyk rizky sdh jelas negara akan makmur ,,,Aamiin

  2. Luar biasa….

  3. Subhannallah ini lah yg selama ini kami harapkan,seorang pemimpin yamg berpikir bagaimana cara memciptakan penerus bangsa yg baik. Semoga sukses.amiiin.

  4. sangat bagus sekali dengan program membaca Al Qur an nya.

  5. Patut di contoh oleh daerah(kota)lain dlm rangka mewujudkan generasi penerus bangsa yang beriman dan bertaqwa.

  6. Semoga implementasinya bisa di seluruh daerah Jawa Barat.
    Alfatihah.

  7. Keren …..
    semoga bukan cuma jawa barat, tapi di seluruh indonesia … (y)

  8. Alhamdulillah
    Semoga generasi yang akan menerima estafet negara RI yang akan datang lebih baik dari hari ini .

  9. Wah di sekolah Saya SMKN 2 Subang sudah mulai dari dulu…….

  10. Wah…. DI Sekolah saya SMKN 2 Subang programnya udah lama berjalan……

  11. Luar biasa,pasti banyak yg mendukung program yg sangat positif menyelamatkan generasi muda dengan dasar agama…semoga jadi panutan bagi daerah lain di Indonesia

  12. Kapan ya daerah q bisa gitu

  13. Alhamdulilah.
    Di sekolah SMK AKP program trsbt sudah 1 semester berjalan.

    Tapi dengan adanya program tersebut semua sekolah yang bisa melaksanakan. Amin..

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *